Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Bekas

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Bekas

Bahan bakar menjadi salah satu komponen yang penting pada sebuah kendaraan sebagai penggerak dan juga berhubungan dengan kondisi mesin mobil. Hanya saja terkadang penggunaan bahan bakar bisa sangat boros terutama mobil bekas karena sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya yang bahkan kita tidak tahu apa penyebabnya. Namun sebenarnya anda bisa melakukan beberapa cara untuk menghemat bahan bakar mobil.

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil Bekas

1. Menggunakan BBM dengan nilai oktan tinggi
Bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi memungkinkan penggunaan bahan bakar bisa lebih sedikit karena dapat memberikan proses pembakaran yang sempurna sehingga hanya membutuhkan sedikit bahan bakar. Berbeda dengan bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah di mana membutuhkan lebih banyak bahan bakar hingga bisa memberikan pembakaran yang sempurna. Namun harga BBM dengan nilai oktan tinggi memang lebih mahal.

2. Jaga putaran mesin
Biasanya ukuran torsi maksimum berada pada rentang 2.500-3.500 rpm sehingga bisa melakukan perpindahan gigi. Namun apabila putaran mesin terlalu tinggi maka dibutuhkian lebih banyak bahan bakar. Namun jika putaran terlalu rendah juga anda harus menambah kecepatan dengan menginjak pedal gas lebih dalam.

3. Cek keseimbangan roda dan tekanan roda
Tekanan roda dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar karena apabila tekanan ban tinggi maka akan membuat mobil menjadi lebih ringan. Apabila mobil lebih ringan maka otomatis bahan bakar yang dibutuhkan lebih sedikit karena mobil akan lebih mudah melaju dibandingkan mobil yang berat karena tekanan ban rendah.

4. Penggunaan ac secara efektif
Ac juga berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar karena ac dijalankan oleh mesin berukuran 5 PK sehingga membutuhkan bahan bakar untuk menggerakkan tenaga mesin agar ac dapat bekerja dengan maksimal. Maka dari itu gunakan ac dengan efektif misalnya seperti menunggu hingga udara di dalam mobil dingin barulah menyalakan ac mobil.

Inilah beberapa cara yang cukup efektif untuk menghemat bahan bakar mobil bekas maupun mobil baru. Anda juga harus servis mobil secara rutin agar komponen mobil tetap bekerja dengan baik dan tidak memberatkan fungsi mobil. Sedangkan untuk mendapatkan mobil berkualitas sebaiknya Anda mengunjungi SEVA Mobil Bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *